Penyebab Pingsan Tak Hanya Karena Belum Sarapan

Mungkin sebagian dari anda sering melihat ambruknya seseorang di tengah upacara atau apel pagi. Anda mengira bahwa orang yang pingsan tersebut disebabkan karena ia belum sarapan atau kondisi tubuhnya yang kurang sehat. Akan tetapi, jika orang tersebut terlalu sering pingsan, kemungkinan ia mengalami salah satu masalah bernama sinkop.

penyebab pingsan selain belum sarapan

Sinkop ini merupakan kondisi hilangnya kesadaran sementara atau biasa dikenal dengan pingsan. Kondisi ini umumnya berhubungan dengan aliran darah yang tidak memenuhi kebutuhan otak atau tidak sampai ke otak, namun cenderung bersifat sementara.

Kejadian ini sering terjadi saat tekanan darah terlalu rendah serta jantung yang tidak bisa memompa pasokan oksigen dengan benar ke otak. Pemicunya adalah nyeri, stres, penggumpalan darah pada kaki, dehidrasi, kepanasan, atau kelelahan yang ektra.

Kebanyakan anak-anak atau orang yang masih muda mengalami kondisi sinkop ini ternyata tidak memiliki gangguan jantung seperti aritmia. Sehingga, tidak akan penanganan yang lebih serius dilakukan. Pemeriksaan hanya dilakukan untuk mengetahui tekanan darah dan detak jantung saja untuk mengetahui kondisi yang telah terjadi.

Akan tetapi, kondisi sinkop tertentu nyatanya bisa memberikan dampak yang lebih serius seperti kejadian sinkop yang dialami ketika olahraga, adanya keterkaitan dengan jantung berdebar, penyimpangan hati, riwayat keluarga, atau kematian yang mendadak.

Setelah mengetahui penjelasan seperti ini, kita tak akan lagi selalu menganggap orang yang pingsan di tengah upacara adalah mereka yang belum makan. Karena pada kenyataannya, masih ada beberapa kondisi lainnya yang harus anda perhatikan terkait masalah ketidaksadaran diri tersebut.

 | Penyebab Pingsan Tak Hanya Karena Belum Sarapan

Penyebab Pingsan Tak Hanya Karena Belum Sarapan | novita | 4.5