Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Leukimia

Agen QnC | Leukemia adalah kanker yang biasanya dimulai di sel darah putih, yang menyebabkan sel untuk berkembang biak cepat dari fungsi normal. Sel darah putih adalah sel yang melawan infeksi di dalam tubuh. Terjadinya leukemia dapat mempengaruhi sistem limfatik, sumsum tulang dan sistem myelogenous. Karena faktor ini, pasien leukemia sering dianjurkan untuk melakukan kemoterapi sebagai bentuk solusi pengobatannya, juga memerhatikan asupan beberapa makanan yang harus dihindari dan makanan yang boleh dimakan penderita leukimia seperti yang direkomendasikan salah satu ahli kesehatan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya !

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Leukimia

makanan yang boleh dimakan oleh penderita leukimia

Buah dan sayuran

Vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia dalam buah serta sayuran dikenal untuk melawan sel-sel kanker. Dan kebanyakan orang, terutama mereka dengan leukemia, perlu makan lebih banyak buah serta sayuran tersebut. Sebagai contohnya, Taburkan berries di atas sereal, gandum pancake, atau di atas es krim dan yogurt.

Sayuran yang dikukus

Sayuran memang direkomendasikan pada penderita leukimia, tapi alangkah lebih baik jika sayuran tersebut diproses dengan cara dikukus untuk tetap menjaga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Gandum

Anda juga bisa menambahkan konsumsi gandum seperti roti gandum atau sereal gandum yang dapat menambah asupan gizi pada tubuh.

Baca juga : Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Makanan penenang perut

Kemoterapi dikatakan akan memberikan dampak berupa mual dan muntah, sehingga anda perlu mendapatkan asupan makanan yang bisa menenangkan perut, contohnya jahe. Air jahe hangat bisa membantu anda menenangkan perut dari mual dan juga muntah.

Yoghurt

Probiotik dalam yoghurt dapat membantu anda dalam melancarkan pencernaan yang bisa mengalami gangguan pasca kemoterapi tadi.

Makan setiap dua sampai empat jam

Orang-orang dengan leukemia cenderung mengalami penurunan berat badan karena hilangnya nafsu makan dan mual. Namun, penderitanya tetap saja membutuhkan ketahanan dan berat badan yang seimbang agar pengobatan bisa berjalan lebih optimal. Jika anda sulit untuk makan besar, cobalah untuk makan dalam porsi kecil di setiap 2 sampai 4 jam sekali. Hal ini untuk mencegah penurunan berat bedan terus-menerus.

Itulah beberapa jenis makanan yang boleh dimakan penderita leukimia, semoga anda bisa mengikuti cara yang benar dalam diet makanan dan melakukan pengobatan yang sesuai untuk penderita leukimia dengan hasil optimal yang didapatkan.

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Leukimia | novita | 4.5